Minggu, 27 Januari 2019

Department Food & Beverages di Hotel


PENGERTIAN DEPARTMENT FOOD AND BEVERAGE DI HOTEL

Food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.
Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi dua 

Tujuan departemen food and beverage menurut Soekarno dan Pendit (1998:5) adalah:  1. Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
2. Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu sehingga tamu merasa puas. Hal ini menyangkut mutu pelayanan mutu makanan dan minuman, sikap karyawan, dekorasi ruangan serta suasana sekitar, peralatan yang dipakai dan sanitasinya.
3. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan untuk kesinambungan usaha.

Bagian yang saling bergantung satu sama lain dan harus saling bekerjasama.
2 (dua) bagian tersebut adalah:
1. Food and beverage bagian depan (front service)
Yaitu bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet dan room service.
2. Food and beverage bagian belakang (back service)
 Yaitu bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus melalui perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding.

» Food &  Beverage Product
Merupakan  department yang menyajikan makanan, mulai dari proses pemasakan sampai berupa makanan jadi. Product terbagi atas  berbagai macam bagian yaitu main kitchen, kithen caffe shop, pastry bakery. Dimana semua bagian tersebut mempunyai fungsi yang berbeda beda tetepi bertujuan sama yaitu menjual product ke konsumen hotel.
Food and beverage product mengelola makanan mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup.
1. Appetizer (makanan pembuka)

Appetizer, dalam istilah bahasa Indonesia yaitu ‘hidangan pembuka’. Sedangkan istilah Perancis menyebutnya Hors d’oeuvre (starter). Appetizer merupakan hidangan pembuka sebelum hidangan utama (main course) yang disajikan dengan tujuan membangkitkan nafsu makan atau selera makan. Sumber lain memberikan pengertian sebagai berikut: Appetizer merupakan penghantar untuk menikmati hidangan utama, sebagai hidangan pembuka untuk menimbulkan selera makan karena itu porsinya kecil dengan rasa asam, asin atau pedas.

Appetizer hendaknya memiliki rasa yang enak (tastefull), ringan (ligth), menyegarkan (biasanya berasa agak asam untuk merangsang selera makan), berukuran kecil (biet size, finger food), dan disajikan dengan penampilan menarik. Appetizer dapat berupa hidangan panas (canape, fritters, soup) atau dingin (salad, Chilled Fruit Cocktail, Shrimp Cocktail), dan adakalanya berasa pedas.
Hidangan appetizer hendaknya disajikan dengan prima, meliputi rasa, aroma, penampilan, dan kesesuaian dengan alat saji agar dapat membangkitkan selera dan memberikan kesan bahwa hidangan yang akan disajikan setelahnya akan lebih enak lagi. 

2. Soup 
Makanan yang cair terbuat dari rebusan daging, ayam, atu sayuran dan banyak mengandung gizi serta dihidangkan sebagai hidangan pembuka, makanan ringan atau sebagai pelengkap makanan pokok.

Sup/soup berfungsi sebagai :
Membangkitkan selera makan : rasa harus lezat, rupa menarik dan bernilai gizi tinggi
Sup dihidangkan setelah appetizer (cold entrée) atau sebelum entrée
Pada jamuan makan untuk menetralkan rasa tajam dari appetizer untuk memenuhi/ sebelum hidangan berikutnya
Beberapa macam sup dapat dihidangkan sebagai hidangan utama, khususnya berupa sup yang kaya gizi seperti, Hungarian Goulash Soup dan Minestrone Soup. 

3. Main Course
  Makanan utama (main course) adalah hidangan pokok dari suatu susunan menu lengkap yang dihidangkan pada waktu lunch maupundinner, ukuran porsinya lebih besar dari appetizer. Makanan yang dihidangkan terdiri dari lauk pauk hewani yang disertai kentang dan sayuran.
 Makanan utama ditata dalam dinner plate sebagai makanan pokok yang utama. Kombinasi main course dengan kentang ataupun sayur sebagai lauk pauknya harus serasi dari rasa, warna, dan bahan lauk pauk yang dihidangkan disertai dengan saus atau greavynya atau saus beku yang disebut maitre de’hotel menata lauk pauk di tengah sebelah bawah logo piring, sedangkan kentang sebelah kanan, dan sayur sebelah kiri.

» Food & Beverge Service
Bertugas menangani penghidangan makannan minuman, penyiapan beberapa jenis minuman diantaranya minuman campuran (mixed drinks)
Dalam suatu hotel F & B service berfungsi sebagai penjamu pelayanan makanan dan minuman pada tamu hotel.
F & B service terbagi atas  4 bagian :
» Restaurant
  Restaurant merupakan bagian dari Food & Beverage departement yang berfungsi menyelenggarakan pelayanan  makanan dan minuman secara komersil pada suatu hotel.
» Bar
  Bar merupakan bagian dari food and beverage  department  yang bertugas menyiapkan makanan dan minuman, baik ber alkoholik dan non alkoholik.
» Baquet
  Baquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam event – event besar yang di selenggarakan dihotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya di selenggarakan di ball room, garden.
» Room Service
  Merupakan bagian dari food and beverage service yang bertugas melayani makanan dan minuman pada tamu  yang menghendaki makan dan minum dalam kamar hotel. Room service buka selama 24 jam dengan menggunakan pelayanan trolly atau tray.

PRODUCT FOOD AND BEVERAGE
1.     Tangible product
2.    Intangible product

STRUKTUR ORGANISASI DEPARTEMENT FOOD AND BEVERAGE




1. Food & Beverage Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
1.      Menetapkan menu, sistem penyajian, strategi penjualan, mengarahkan pelaksanaan serta menilai keberhasilan
2.      Melakukan analisa tentang pesaing
3.      Menyusun anggaran FB Production kitchen, F&B service dan Stewarding
4.      Merumuskan kebijaksanaan pengendalian biaya operasional
5.      Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung
6.      Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
7.      Menyelenggarakan briefing di dalam departemen
8.      Mengusulkan kepada atasan, tentang penyesuaian prosedur dan kebijakan di lingkungan food & beverage department jika diperlukan

2. Assistant Food & Beverage Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
1.      Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan antar kitchen, F& B service dan stewarding
2.      Menyusun rencana kerja dan menilai pelaksanaanya
3.      Mengawasi jadual operasional bawahannya
4.      Memonitor hasil inventaris fisik di bagian kitchen, F&B service dan stewarding
5.      Memonitor pelaksanaan store room requisition
6.      Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
7.      Melaksanakan kelancaran operasional berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan food & beverage department
8.      Mengkoordinasikan penyiapan dan mengawasi kelancaran acara event/function
9.      Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
10.  Menjalin hubungan dengan rekan dan tamu
11.  Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
12.  Memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan .

 3. Restaurant & Bar Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
1.      Mengkoordinasi kegiatan operasi di outlet food & beverage service
2.      Mengkoordinasi persiapan dan mengawasi kelancaran penyelenggaraan function/event
3.      Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
4.      Menjalin dan membina hubungan dengan tamu
5.      Membantu untuk membuat laporan monthly report F&B sales
6.      Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
7.      Mengani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
8.      Menangani dan memonitor suatu perubahan dan penyimpangan dalam kegiatan operasional
9.      Memonitor dan mengawasi personal hygiene, grooming and sanitasi
10.  Menangani dan mengawasi langsung pelayanan tamu VIP
11.  Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
12.  Menyelenggarakan briefing harian.

4. Head Waiter
Uraian tugas dan tangungjawabnya:
1.      Mengawasi penyimpangan penggunaan par stock
2.      Memeriksa kelengkapan dan ketepatan dari “mise en place”
3.      Meneliti ketepatan daily sales report
4.      Mengarahkan dan mengawasi kelancaran pelayanan di restoran
5.      Menangani keluhan tamu
6.      Mengatur pembagian “station”
7.      Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
8.      Mendampingi sous chef dalam penataan buffet
9.      Menangani langsung pelayanan tamu VIP (Very important Person)
10.  Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan clear up
11.  Membantu kelancaran pelaksanan inventaris pisik
12.  Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
13.  Menjalin hubungan baik dengan tamu
14.  Membuat jadual kerja bawahan
15.  Mengawasi disiplin bawahan
16.  Menangani permasalahan tamu
17.  Melakukan penilaian kerja bawahan
18.  Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat .

5. Assistant (Head Waiter Captain)
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
1.      Membantu head waiter melaksanakan tugasnya
2.      Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
3.      Membuat daily sales report
4.      Melengkapi penyimpanan dan penggunaan par stock
5.      Mengawasi dan membantu kelancaran ketepatan pelaksanaan pelayanan penjualan dan penyajian makanan dan minuman
6.      Membuat repair dan maintanance order
7.      Menangani langsung pelayanan tamu VIP
8.      Mengatasi keluhan tamu
9.      Mengawasi dan mengarahkan kelancaran pelayanan bawahan
10.  Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
11.  Menjalin hubungan baik dengan tamu
12.  Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat

6. Waiter/ Waitress
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
1.      Mempersiapkan kelengkapan tehnis pelayanan
2.      Melaksanakan persiapan set up-mise en place
3.      Melakukan pelayanan langsung kepada tamu
4.      Mengambil pesanan/order tamu dari captain untuk diteruskan kepada kitchen
5.      Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu
6.      Melaksanakan clear up dari meja tamu
7.      Mempersiapkan dan mengambil kebutuhan linen napkin, wares, supplies
8.      Mengumpulkan dan mengantarkan soiled linen dan dirty dishes ke laundry/stewarding
9.      Melakukan penyiapan table set up dan clear up
10.  Melaksanakan dan mengikuti perintah captain dalam menjalankan tugas-tugasnya
11.  Melakukan pembersihan area kerja
12.  Menjalin hubungan dengan tamu
13.  Menghadiri briefing harian

7. Chief Bartender
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
1.      Mengawasi penyimpanan, penggunaan bar stock
2.      Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
3.      Membuat daily sales report
4.      Mengawasi kelancaran, ketepatan pelaksanaan mixing drinks, penyajian, penjualan dan pelayanan 385
5.      Menyusun standard portion, standard receipt, standard beverage cost bersama dengan F&B cost control
6.      Mengarahkan, mengawasi kelancaran pelayanan
7.      Mengatasi keluhan tamu
8.      Mengatur pembagian “station” serta mengawasi pelaksanannya
9.      Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
10.  Menangani langsung pelayanan tamu VIP
11.  Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
12.  Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
13.  Membuat repair dan maintanace order
14.  Mengawasi disiplin bawahan
15.  Menangani permasalahan tamu
16.  Melakukan penilaian kerja bawahan
17.  Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat

8. Room Service Order Taker
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
1.      Menangani penerimaan, pencatatan room service order dan menyampaikan kepada room service captain
2.      Menyarankan dan membantu tamu dalam pemilihan menu
3.      Memelihara suasana kerja yang sehat
4.      Menghadiri briefing head waiter

Kebersihan dan Keselamatan Kerja
 
Kebersihan dan keselamatan kerja harus selalu diperhatikan oleh setiap karyawan dibagian food & beverage, kebersihan dan keselamatan kerja yang dilakukan di bagian pelayanan makanan dan minuman yaitu:
§  Memperlakukan barang pecah belah. Memeriksa kekurangan barang pecah belah, piring gelas dan alat makan dan minum dari perak sebelum dan sesudah digunakan, buang segera gelas atau piring cangkir keramik yang pecah. Pisahkan barang-barang dari perak dan kaca setelah digunakan, jika sebuah gelas pecah, pindahkan gelas dengan hati-hati dan pastikan tidak ada pecahannya yang tercecer
§  Melaksanakan pelayanan. Pada saat memberikan pelayanan setiap prosedur harus dilaksanakan dengan benar, hal yang dilakukan seperti pindahkan cangkir-cangkir dari meja ketika mengisi cangkir dengan air panas, jangan mengisi nampan berlebihan dan tidak diperbolehkan membawa nampan melewati atas kepala tamu yang sedang duduk dimeja dan selalu memberitahu mereka tentang kehadiran anda, pada saat membuka anggur jauhkan dari tamu agar tidak terkena gabus penutup botol.
§  Gelas dan piring Pisahkan gelas dan piring yang pecah ketika memilih, gunakan trolley untuk memindahkannya. Ketika menggunakan rak, periksa bahwa bagian tepi yang dapat diatur. Pastikan dalam keadaan aman sebelum menempatkan makanan dalam nampanMenjaga penampilan pribadi. Gunakan pakaian seragam secara lengkap, baik dan benar, seperti menggunakan sepatu bertumit rendah, perhiasan yang disesuaikan dengan kebijakan hotel, baju yang sesuai dengan ukuran, serta rambut pendek atau panjang tetapi menggunakan hairnet, kesemua hal tersebut perlu dilakukan agar anda dapat bekerja dengan nyaman,
§  Mengurangi resiko. Melaporkan kepada atasan apabila menemukan karpet yang longgar, penempatan tanda keselamatan yang tidak sesuai, pemisahan sambungan kabel listrik dan semua yang akan menyebabkan resiko tersandung dan jatuh.


 SUMBER :
https://department-hotel.blogspot.com/b/post-preview?token=APq4FmAEV2nuGloooW8wPm-8eju-hyIUQBXJDtV9PzbY0LELuJJXsbfZt_B3p7ubYXcx-7FdUSfVqCeR7UCcRXDiyxKTzTKPB6Tdk2ncyDFwQAf6MlCsQ0SoI6vMY7_N4WNibprslX4K&postId=4906971900699270327&type=POST
https://barthaisite.wordpress.com/about/pengertian-food-beverage-service/
http://masaakhirkuliah.blogspot.com/2013/10/blog-post.html
http://sabrinashetyeducation.blogspot.com/2013/04/food-and-beverage-departement.html


3 komentar: