PENGERTIAN
DEPARTMENT SALES & MARKETING
Sales & Marketing Departement merupakan department yang
bertanggung jawab atas penjualan dan pemasaran seluruh produk hotel. Sales
& Marketing Departement merupakan salah satu department yang sangat penting
di hotel karena SM dept merupakan penyumbang Occupency terbesar. Bahkan bisa
dibilang bahwa SM dept merupakan salah satu pilar penting yang ada di hotel.
Tanpa adanya tim penjualan dan pemasaran suatu hotel tidak
akan berjalan dengan lancar. Karena disamping penyumbang tamu paling besar, tim
pemasaran juga mempunyai peran penting dalam membuat strategi dalam memasarkan
produk – produk tersebut.
Adapun tugas dan tanggung jawab
dari Sales & Marketing Department yang meliputi:
1.
Tugas tugas Sales & Marketing department :
b. Menerima dan melakukan follow up event
c. Memantau perkembangan event
d. Melakukan telemarketing
e. Melalukan Sales Call
f. Membuat BEO, Breakdown, GRM, dan segala report yang diperlukan dalam satu kali
pelaksaan event.
g. Menjaga hubungan baik dengan Media
2.
Tanggung jawab Sales & Marketing department :
a. Mengawasi segala persiapan yang dilakukan sebelum acara
berlangsung
b. Mengawasi jalannya acara
c. Membuat amandement ketika ada perubahan dalam kesepakatan
yang diawal
3.
Fungsi Sales
& Marketing Department :
a. Untuk memotivasi calon
pelanggan agar ia bertindak dengan suatu cara yang dikehendaki olehnya yaitu
membeli.
b. Dapat mengarahkan sasaran
mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.
c. Dapat meyakinkan atas
manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan.
d. Dapat meyakinkan calon
pelanggan yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan
pilihan.
HAL- HAL YANG HARUS DIKUASAI DEPARTMENT SALES & MARKETING
1. Product
Knowledge (pengetahuan tentang produk)
Adalah yang meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama.
Adalah yang meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama.
2. Price
Policy (kebijaksanaan harga jual)
Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli.
Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli.
3.
Human Relation.
Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi.
Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi.
LANGKAH –
LANGKAH PENJUALAN DEPARTMENT SALES & MARKETING
Langkah-langkah
tersebut adalah sbb :
1.
Approach (pendekatan kepada prospek)
Pendekatan kepada calon pembeli/konsumen memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik yang antara lain pengetahuan tentang :
Pendekatan kepada calon pembeli/konsumen memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik yang antara lain pengetahuan tentang :
·
Siapakah calon
pembeli/konsumen ?
·
Apakah
kebutuhan/keinginannya ?
·
Adakah kemungkinan
perubahan situasi atas kebutuhan maupun produk yang ditawarkan
·
Siapkah kiat dengan
penolakan/keberatan.
2.
Presentation (penyajian)
Dalam tahapan presentasi seorang sales harus sanggup menjual “Dirinya” dalam arti mau membantu memuaskan kebutuhan para konsumen (misalnya membantu memecahkan persoalan para calon konsumen terhadap suatu produk yang dijual). Komunikasi adalah merupakan sarana paling menentukan untuk mengetahui kebutuhan pembeli :
Dalam tahapan presentasi seorang sales harus sanggup menjual “Dirinya” dalam arti mau membantu memuaskan kebutuhan para konsumen (misalnya membantu memecahkan persoalan para calon konsumen terhadap suatu produk yang dijual). Komunikasi adalah merupakan sarana paling menentukan untuk mengetahui kebutuhan pembeli :
·
Tata bahasa yang baik
·
Courtesy / kesopanan
·
Jelas / tepat, tidak
berbelit-belit
·
Memberikan ide, manfaat
dan kelebihan produk.
Satu hal lain yang tak
kalah pentingnya adalah First Impression atau kesan pertama kepada pelaku
penjualan yang positif akan membantu kelancaran proses penjualan.
3. Selling (menjual)
Proses menjual dari seorang sales harus dapat memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan. Dengan bekal Product Knowledge dan pengembangan komunikasi yang efektif diharapkan pembeli menjadi pelaku pembeli.
4. Closing The Sale.
Suatu transaksi penjualan terjadi karena penjualan memperoleh persetujuan dari calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Tahapan ini merupakan keberhasilan seorang penjual mempengaruhi dan meyakinkan calon pembeli. Langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan dapat berupa : statement, order dan tanda terima pembayaran. Dalam jasa pelayanan wisata maka pembeli/konsumen akan menikmati produk wisata setelah terjadinya closing the sale.
5. After Sales Service
Kesempurnaan dari suatu penjualan yang berhasil adalah ditutup dengan Pelayanan Purna Jual. Kegiatan tersebut antara lain :
·
Pemberian ucapan terima
kasih melalui surat, atas pembelian suatu produk atau jasa.
·
Memberikan suatu
kenang-kenangan (souvenir).
·
Mengirim kartu ucapan
pada hari-hari besar atau ulang tahun.
·
Megadakan direct contact
secara regular.
STRUKTUR
ORGANISASI DEPARTMENT SALES & MARKETING DI HOTEL
Section yang
ada di Sales & Marketing Department dan tugas masing - masing
1.
Senior Sales Manager
a.
Bertanggung jawab atas Travel Agent, Corporate,
Goverment
b.
Menyetujui harga bottom yang ditawarkan oleh tamu
c.
Menyetujui segala kegiatan yang akan di laksanakan
oleh Public Relation maupun Sales
d.
Memimpin seluruh Sumber Daya Manusia Sales &
Marketing
e.
Bertanggung jawab langsung kepada General Manager
2.
Sales Executive
a.
Masing – masing SE mempunyai tugas masing seperti
bertanggung jawab atas Corporate, maupun Government
b.
Bertanggung jawab atas event yang sedang berlangsung
c. Melakukan Follow Up event
d.
Mengawasi jalannya persiapan yang dilakukan oleh
masing – masing department sebelum event berlangsung
e.
Mengawasi jalannya event
f.
Memastikan event berjalan dengan lancer dan memuaskan
3.
Sales Admin
a.
Menyiapkan Report
– report BEO, GRM, Amandement , Breakdown
b.
Merekap semua laporan event
c.
Menyiapkan berkas – berkas yang diperlukan guna
pembayaran
d.
Bertanggung jawab atas laporan yang dilakukan tim
penjualan dan pemasaran
e.
Bertanggung jawab terhadap laporan mingguan dan
bulanan sales & marketing department yang
dikirimkan kepada General Manager
f.
Bertanggung jawab atas materi yang disiapkan untuk sales meeting
4.
Public Relation
a.
Bertanggung jawab atas melakukan kerjasama denagn
media guna menjalin kerjasama
b.
Bertanggung jawab menjalin hubungan baik dengan media
c.
Melakukan kerjasama dengan media baik cetak maupun
elektronik
d.
Bertanggung jawab atas perencanaan strategi pemasaran
e.
Melakukan petencanaan event yang akan diadakan oleh
Hotel dengan kepentingan promosi
5.
Art Design
a.
Bertanggung jawab atas design untuk dekorasi bagian
hotel saat event seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Tahun Baru,
dll
b.
Bertanggung jawab atas design backdrop grup yang akan
melaksanakan event
c.
Menyiapkan backdrop
d.
Bertanggung jawab untuk design promo di setiap
department
e.
Bertanggung jawab atas percetakan. Mulai dari mengirim
design ke percetakan hingga pengambilan.
HUBUNGAN DEPARTMENT
SALES & MARKETING DENGAN DEPARTEMENT LAIN DI HOTEL
Sales & Marketing dengan Housekeeping
a.
Memberitahukan apabila
akan ada group yang mengadaan konferensi, seminar, dan lain-lain.
b.
Memberitahukan bila ada
group yang akan datang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh
housekeeping terhadap group tersebut.
c.
Mengajak calon pelanggan
untuk melihat fasilitas kamar melalui show room yang disediakan.
d.
Memberitahukan setiap
kegiatan perusahaan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
e.
Memberitahukan
perusahaan-perusahaan yang menjadi top account hotel saat ini agar karyawan
daat melayani mereka lebih baik.
Sales & Marketing dengan Food Product
a.
Memberitahukan apabila
akan ada group yang mengadaan konferensi, seminar, dan lain-lain supaya
disiapkan Breakfast, Lunch, Dinner, dan Coffee break untuk event tersebut.
b.
Memberitahukan bila ada
group yang akan datang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh Food
Product supaya menu makan disiapkan.
c.
Mengajak calon pelanggan
untuk menentukan menu untuk event Wedding, Seminar, Rapat, dan lain-lain.
d.
Memberitahukan setiap
kegiatan perusahaan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
e.
Memberitahukan
perusahaan-perusahaan yang menjadi top account hotel saat ini agar karyawan
daat melayani mereka lebih baik.
SUMBER :
http://www.sarjanaku.com/2012/09/pengertian-sales-dan-departemen.html
http://konsultan-umkm.blogspot.com/2013/02/pengertian-sales-dan-departemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar