Department Human Resources Development (HRD) di Hotel
PENGERTIAN HRD DI HOTEL
HRD atau Human Resources Development, adalah bagian atau
departemen dari perusahaan yang tugas utamanya mengelola sumber daya manusia di
perusahaan, mulai dari tugas perencanaan yang sering disebut perencanaan SDM,
rekrutmen sering disebut Rekrutmen dan Seleksi, pengembangan sering disebut
Pelatihan dan Pengembangan, Manajemen Kinerja sering disebut Performance
Management, gaji sering disebut Kompensasi dan Benefit dan menumbuhkan hubungan
kerja yang sering disebut sebagai Hubungan Industrial atau hubungan Industrial.
Pada prinsipnya dapat diartikan sebagai mengelolaan sumber
daya manusia HRD terdiri dari berbagai kegiatan, yaitu: Perencanaan SDM, HR
Mendapatkan, Mengembangkan SDM, HR Mempertahankan, HR Mempertahankan untuk
membantu perusahaan menyadari Goal, Visi, Misi dan valuenya.
Sehingga HRD memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang
Perencanaan SDM, HR Mendapatkan, Mengembangkan SDM, HR Mempertahankan, HR
Mempertahankan.
Tugas, Tanggung Jawab dan Peran HRD dalam perusahaan, antara
lain:
1. Persiapan
Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam hal persiapan,
antara faktor internal dan faktor eksternal lainnya. Faktor internal meliputi
jumlah kebutuhan dalam persiapan untuk karyawan baru, struktur organisasi,
departemen terkait, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal dalam hal
persiapan termasuk hukum ketenagakerjaan, pangsa kondisi tenaga kerja, dan
sebagainya.
2. Rekrutmen Tenaga Kerja
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau
karyawan yang dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dari organisasi atau
perusahaan. Pada tahap HRD ini perlu menganalisis posisi yang ada untuk membuat
deskripsi pekerjaan (job description) dan juga spesifikasi pekerjaan (job
spesifikasi).
3. Seleksi Tenaga Kerja
Definisi Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses yang
dilakukan untuk menemukan pekerjaan yang tepat dari sekian banyak kandidat.
Langkah yang diambil dalam proses seleksi tenaga kerja, yang melihat resume /
CV, melakukan seleksi awal berdasarkan CV pelamar, memanggil pelamar untuk tes
wawancara, tes calon karyawan dengan tes tertulis, proses wawancara / wawancara
kerja, dan proses selanjutnya .
4. Pengembangan dan Evaluasi Karyawan
Agar tenaga kerja atau karyawan dapat memberikan kontribusi
optimal kepada perusahaan atau organisasi, maka dia harus menguasai tugas
pekerjaan dan tanggung jawab. Proses pengembangan dan evaluasi karyawan
dilakukan sebagai pembekalan agar tenaga kerja dapat lebih terkontrol dan ahli
di bidangnya, serta meningkatkan kinerja yang ada.
5. Penyediaan Kompensasi dan Perlindungan Karyawan
Kompensasi adalah imbalan atau upah bagi karyawan secara
teratur kontribusi organisasi atau perusahaan.
Kompensasi harus tepat dan sesuai dengan kondisi pasar
tenaga kerja yang ada di lingkungan eksternal untuk menghindari masalah tenaga
kerja atau membahayakan organisasi atau perusahaan.
Fungsi HRD
Internal : HRD bekerja sebagai pelatih untuk karyawan
di perusahaan.
Eksternal : HRD Karyawan yang memeilki konseling di
luar kategori perusahaan dapat dilihat dari tingginya tingkat kemampuan dan
kemauan dari kemampuan akan mengikuti.
Bisa Di Katakan HRD Yang Baik Adalah
a. Tidak mudah menyerah, seseorang yang sukses dalam pekerjaan
karena dia tidak menyerah dan terus berusahadengan semua masalah dan hambatan
yang ada.
b. Berterima kasih atas semua yang diperoleh dan selalu
menerima apa yang ia lakukakan, karena ada pepatah mengatakan apa yang Anda
tabur maka itulah yang akan Anda dapatkan.
c. Integritas Orang-orang yang berhasil dalam HRD adalah orang
yang dapat berbicara dan dapat menerpakan kata dengan perbuatan, bukan hanya
itu ia dapat mengontrol sendiri dengan norma-norma yang ada lingkngan.
d. Kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain denngan baik
dan dapat bergabung dengan berbagai kelompok dan faksi.
e. Keyakinan dapat meningkatkan hasil yang maksimal.
f. Tepat waktu, dengan Anda disiplin selalu tepat waktu untuk
Anda secara tidak sadar merhargai diri sendiri dan orang lain.
g. Berpikiran terbuka dan selalu mengikuti semua perubahan
positif di sana.
h. Menghargai, menghormati dan peka terhadap perubahan yang ada
di lingkungan sekitar kita.
i. Lakukan sebanyak mungkin dan memberikan yang terbaik.
Tugas Terpenting HRD adalah :
Mengembangkan Orang-orang mengembangkan kemampuan karyawan
potensial di tempat kerja.
Dapat memecahkan masalah denngan empat tahap, yaitu :
1. Observasi
2. Empati
3. Dialog
4. Intropeksi
Meningkatkan kecerdasan, di mana kepala HRD di samping
mengembangkan potensi karyawan ia wajib untuk meningkatkan karyawan kecerdasan
yang ia miliki.
Dalam HR, pengembangan lenih terpaku dalam mengembangkan
berwujud dari tangibles, Karena berwujud adalah aset yang tidak habis-habisnya
dan selalu dpat dikembangkan kapan saja, di mana saja dan bagaimanapun. Dan di
berwujud juga bisa dilakukan pembangunan secara keseluruhan dari dasar
kemampuan yang telah terpercaya.
STRUKTUR ORGANISASI
HRD DI HOTEL
1. HRD
( Human Resources of Development ) Manager
HRD (Human Resources of Development) Manager ini
mempunyai fungsi dan lingkup pekerjaan yaitu :
a. Bertanggung jawab di
dalam pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu dalam
hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan.
hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang berlaku di perusahaan.
b. Bertanggung jawab
terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan government
& industrial serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra
perusahaan.
Sedangkan uraian tugas dari HRD (Human Resources of
Development) Manager adalah sebagai berikut:
a. Menyusun,
merencanakan, mengawasi dan mengevaluasi anggaran biaya kegiatan secara efektif
dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil kegiatan
b. Bertanggung jawab
terhadap perencanaan, pengawasan dan melaksanakan evaluasi terhadap jumlah
tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
c. Melaksanakan seleksi,
promosi, transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap perlu.
d. Melaksanakan
kegiatan-kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan lain yang berhubungan
dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan karyawan sesuain
dengan standard perusahaan.
e. Bertanggung jawab
terhadap kegiatan yang berhubungan dengan rekapitulasi absensi
karyawan,perhitungan gaji, tunjangan dan bonus.
2. HRD
( Human Resources of Development ) Recruitment
Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:
a. Bertanggung jawab
dalam membantu dan melaporkan kepada HRD (Human Resources Of Development) Manager dalam
bidang hiring & firing tenaga kerja.
b. Menyusun prosedur
seleksi recruitment karyawan baru.
c. Melakukan koordinasi
ke departemen lain untuk mengumpulkan rencana permintaan karyawan setiap tahun
dan membuat status data karyawan dan turnover setiap bulan dari masing-masing
divisi.
d. Memasang iklan
lowongan kerja, melakukan sortir lamaran, melakukan tes psikologi dan interview
awal untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai.
e. Merekomendasikan
kandidat berdasarkan hasil tes psikologi dan interview awal, serta mengatur jadwal
interview lanjutan (user, hrd, presdir), agar proses rekrutmen dapat berjalan
dengan baik sesuai rencana.
f. Menyiapkan
perjanjian kerja dan kontrak kerja karyawan serta mengupdate masa berlakunya
kontrak kerja.
g. Menginput data
karyawan dan ke sistem agar semua terdata dengan baik
h. Membuat laporan
rekapitulasi mutasi, promosi dan status karyawan (tambahan anak, menikah,
berhenti).
3. General
Affair Supervisor
Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:
a. Mendukung seluruh
kegiatan operasional kantor dengan melakukan proses pengadaan seluruh peralatan
kebutuhan kerja (seperti; ATK, komputer, meja/kursi kerja, AC, dst), maupun
sarana atau fasilitas penunjang lain (seperti; kendaraan operasional, office
boy, satpam, operator telpon, dst.) dengan cepat, akurat/berkualitas serta
sesuai dengan anggaran yang ditentukan.
b. Melakukan analisa
kebutuhan anggaran atas pengadaan dan pemeliharaan seluruh fasilitas dan sarana
penunjang aktivitas kantor untuk kemudian diajukan kepada bagian keuangan dan
manajemen perusahaan untuk dianggarkan dan disetujui. Melakukan aktivitas
pemeliharaan atas seluruh fasilitas dan sarana penunjang, serta melakukan
proses penggantian atas fasiltias/sarana penunjang yang rusak.
c. Membina hubungan
dengan para vendor atau supplier barang dan jasa fasilitas/prasarana kantor
serta membantu dalam menangani komplain atas vendor/supplier termasuk tindak
lanjut atas penanganan nota pembayaran/invoice maupun kontrak kerja dengan
pihak terkait.
d. Membuat, menjalankan
dan mengembangkan sistem kerja/prosedur atas pengadaan dan pemeliharaan
fasilitas penunjang kerja.
e. Melakukan survei
tingkat kepuasaan atas pelayanan yang diberikan kepada seluruh karyawan/unit
dalam perusahaan untuk tujuan peningkatan kualitas/mutu, ketepatan dan
kecepatan pelayanan yang diberikan.
f. Menyiapkan
laporan bulanan untuk keperluan rapat anggaran, laporan keuangan atas aset dan
beban biaya kantor.
4. Non
Material Warehouse Staff
Tugas Pokok dan Tanggung jawab:
a. Melakukan
kontrol stock barang-barang keperluan kantor, seperti ATK, Alat
Kebersihan, dsb.
b. Bertangung jawab atas
keluar masuknya barang- barang keperluan perusahaan, seperti ATK, Alat
Kebersihan, dan barang-barang yang dibutuhkan baik untuk keperluan dalam maupun
luar kantor.
5. Compensation
and Benefit Supervisor
Tugas Pokok dan Tanggung jawab:
a. Menganalisis dan
mengembangkan sistem remunerasi di perusahaan sebagai rekomendasi untuk
meningkatkan motivasi karyawan dan mendukung pencapaian target kinerja
perusahaan.
b. Memaintain dan
memverifikasi data / pencatatan kehadiran pekerja, Surat Perintah Kerja Lembur,
shift, cuti, training, dinas dan medical sehingga dapat dipakai sebagai dasar
yang benar dalam membayarkan kompensasi dan benefit (salary, allowance,
incentive, iuran pensiun/asuransi)
c. Melakukan proses
payroll berdasarkan data yang benar sehingga pembayaran gaji dapat dilakukan
dengan jumlah yang benar dan tepat waktu
d. Memverifikasi expense
report yang diajukan pekerja atas perjalanan dinas, cuti,medical,
training, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan jumlah yang benar
e. Memproses administrasi
perjalanan dinas didalam dan diluar negeri (reservation, advance, formalitas),
sehingga perjalanan dapat dilakukan dengan tepat waktu dan lancar.
f. Memaintain
fasilitas perusahaan (perumahan, kendaraan, telepon, komputer) sesuai
dengan policy dalam rangka program retensi dan peningkatan
produktivitas pekerja
g. Menyelenggarakan
administrasi pensiun / asuransi / pajak dan pengakhiran pekerja sesuai dengan
ketentuan, agar setiap proses pembayaran dilaksanakan dengan benar & tepat
waktu.
6. Payroll
Staff
Uraian tugas :
a. Melakukan proses
pengambilan cuti tahunan dan mempersiapkan laporan-laporannya.
b. Melakukan proses
pengambilan “Day Off Payment”, tukar “Day Off” dan tukar shift
karyawan.
c. Melakukan perhitungan
“meal coupon” karyawan.
d. Membantu HRD (Human
Resources of Development) Administrator dalam pengarsipan dan
pembuatan surat-surat.
7. Welfare
Staff
a. Mengajukan dana untuk
penggantian obat rawat jalan setiap 2 kali seminggu, bagi karyawan yang telah
menyampaikan resep pengobatan dari dokter.
b. Membuat laporan dana
iuran Pensiun / astek setiap bulan.
c. Memeriksa dan mendata
ijin sakit karyawan.
d. Mengurus administrasi
ke asuransi / rumah sakit.
8. Trainning
Supervisor
a. Melakukan proses
trainning new comer.
b. Melakukan proses
trainning motivasi kepada seluruh karyawan setiap 1 tahun sekali.
c. Melakukan proses
trainning sesuai dengan masing-masing departemen.
d. Menyiapkan segala
administrasi yang berhubungan dengan trainning.
e. Mendata karyawan yang
butuh trainning khusus.
f. Membuat laporan
rekapitulasi pelaksanaan training dan evaluasi pelaksanaan untuk dikirimkan ke
direksi.
SUMBER :
https://www.dosenpendidikan.com/pengertian-fungsi-dan-tugas-penting-hrd-dalam-perusahaan/
Casinos in the UK 2021 - DrMCD
BalasHapusWith over 3000 live casino 여수 출장안마 games to choose 양주 출장샵 from, it is 군산 출장마사지 also a great time to take advantage of exclusive promotions and bonuses offered by Can งานออนไลน์ I try out a new casino in the UK?Can 이천 출장마사지 I get a no deposit bonus at a casino in the UK?